29 August 2017

Yeobo

Tak ada manusia yang sempurna. Begitu juga dengan yeobo.
Alhamdulillah...
Bersyukur karena pendampingku adalah yeobo, yang dengan kekurangannya bisa menerima aku ada apanya, gitu katanya. Hahaha.. Karena baginya kalau ga ada apa-apa dia ga mau.
Sejauh ini kita berdua saling terbuka, mau itu pahit atau manis ya diceritain aja. Mau sampai berantem ya berantem aja, tapi biasanya kalau berantem ga lama karena inget "dosa" jadi yaaa ngalah aja salah satu.
Yeobo tau semua teman-teman aku, yang cewe  yang cowo, yang baik, yang nakal, yang baper, dan lain-lain. Tapi yaaaa ituuu, meski HP geletakan tapi yeobo ga pernah ngecek² atau buka yang bukan punyanya.
Mungkin kalaupun buka dia akan nanya atau izin dulu. Nyantai banget dia mah. Ga mau ambil pusing. Kata dia "mending mikir gmn biar pasangan bahagia drpd mikirin org luar yg belum tentu mikirin aku." Cucook cyiiin. Mending mikir gmn biar jadi manusia yg lebih baik lagi yaa, gmn biar bisa bahagiain ortu, gmn biar bisa umroh atau haji, serta kegiatan berfaedah lainnya :)

Berhubung mau masak, lanjut besok lagi ya..
Segitu dulu sedikit cerita tentang kebaikan yeobo. Kalo keburukannya ga perlu diceritain laaahh..itu mah buat sendiri aja, pamali 😁  

Ganti Kampas Kopling

Kalau di kemudian hari aku punya usaha or bisnis apa aja, tolong ingatkan jika aku lupa atau ada salah.
Pengalaman pertama ganti kampas kopling. Pertama kali ke bengkel, dikasih info bahwa harga spare part sekitar 1,3 juta dan biaya pemasangan 400 ribu. Karna tidak bisa ditawar, oke akhirnya setuju dengan harga segitu. DEAL!!!
Beberapa hari kemudian, ditelpon hampir jam sepuluh malam, diminta untuk transfer uang yang katanya untuk beli spare part, karna teman bengkel yang dititipi tidak ada uang. Berhubung aku ga kenal dengan orang yang dititipi beli itu, wajar donk kalau aku cari tau dulu orang tersebut. Setelah dapat info bahwa bisa dipercaya, langsung lah aku transfer malam itu juga. Beberapa hari tidak ada kabar dari pihak bengkel, wajar juga donk kalau aku nanya "udah sampai belum spare partnya?"
Lha kok pihak bengkel rada baper jawabnya. Padahal kan wajar konsumen nanya, apalagi udah transfer duit yang ga sedikit.
Beberapa hari kemudian dikabari kalau spare part sudah sampai dan akan dikerjakan, akhirnya mobil kuantar ke bengkel. 3 hari kemudian dikabari lagi kalau sudah selesai. Dia bilang ada tambahan biaya ongkos kirim dan biaya uang lelah temannya yang mencarikan spare part. Wow..

Dari kejadian ini ada pelajaran untuk aku sendiri bila punya usaha, terutama usaha jasa.
  1. Sebelum mulai pengerjaan, pastikan konsumen tau apa yang akan dikerjaan, apa yg dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan plus biaya-biayanya.
  2. Jangan bebani pikiran konsumen. Onderdil titipan ini mau dikirim lewat pos/tiki/jnt/jne. Nah, ngapain kek gini ditanyain ke konsumen. Konsumen kan bayar, ya taunya barang ada dan beres.
  3. Tak perlu buka rahasia "dapur". Ini onderdil nitip teman. Teman sibuk. Bla bla bla.. Halooo.. Secapek apapun anda, mau dirumah lagi perang dunia, mau lo abis diputusin, mau lo lagi BT. Plisss tetap berikan senyuman pada konsumen. Jawab semua pertanyaan dengan sopan dan ikhlas karna konsumen adalah raja. Selama konsumen tidak melanggar norma, hanya sebatas ucapan  ya jawab aja ga usah baper.
  4. Ramah, sopan, dan menghargai konsumen. Bila ketiga poin ini bisa dijalankan, bisa dipastikan konsumen tidak pindah ke tempat lain.
Halo om bengkel, kalau anda baca ini jangan baper ya..kan tadi aku udah bilang langsung pas dibengkel. Ini sih saran aja buat kedepannya biar pelayanan dibengkel anda lebih baik lagi. Pelayanan bukan hanya pengerjaan lho yaa, tapi juga termasuk layanan komunikasi ketika menjawab semua pertanyaan atau keluhan pelanggan. Karena semua manusia pastikan senang kalau diramahin. Malah terkadang ada orang yang rela bayar lebih mahal untuk dapat layanan yang sama hanya karena pelayanan ditempat tersebut ramah dan enak diajak komunikasi.

Kanker

Kanker!
Hmm.. Penyakit yang sangat menakutkan. 
Tanggal 26 Juli 2017. Siang itu pas lagi nyiapin makan siang, tiba² dapat telpon yang mengabarkan bahwa "hasil lab massa yang diambil saat operasi adalah karsinoma musinosum mammae". Alias kanker ganas. Syookk!!!
Astaghfirullah.. Selain karna kaget denger nama penyakitnya, juga karna ga percaya. Masa sih bisa kena itu? Padahal kan udah STTB. Kenapa? Kenapa? Kenapa? 
Begitu banyak pertanyaan dan pikiran pun langsung menjalar kemana-mana. Segera googling segala macam makanan pantangan. Mulai besoknya langsung makan beberapa makanan penghambat sel kanker. Ngrebus daun sirsak, minum jus wortel tomat, dan minum ace max. Pokoknya selama menunggu hari H kontrol ke dokter, semua itu dimakan, bahkan sampai nyoba jus daun kelor yang rasanya ampuuunn deh, mending minum jamu pait tp ga bikin kliyengan.

Tanggal 7 Agustus 2017 hari yang ditunggu untuk pemeriksaan lanjutan. CT Scan or screening or apalah itu plus pemeriksaan darah CA 15-3 (klo ga salah). Alhamdulillah hasilnya bagus semua. 

Amazing!!!

Buat siapa aja yang di diagnosa sesuatu oleh dokter, sebaiknya jangan panik. Tetap tenang, biar kondisi tubuh ga drop. Segera jauhi segala pantangan, konsumsi makanan yang dianjurkan, dan yang paling penting banget adalah banyakin ibadah. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, yang wajib, yang sunah, zikir, tadarus, doa, sedekah, dan amalan baik apapun yang bisa dikerjakan. Yakinkan diri bahwa "Kamu bisa lewati ini dengan baik. Sehat. Sehat. Sehat."
Pokoknya harus tetap semangat. Hubungi teman² atau saudara terdekat untuk minta dukungan dan biar dibantu doa, semakin banyak yang doa minta sama Allah, semakin baik."

Catatan untuk diriku sendiri:
Percayalah bahwa semua yang terjadi adalah kehendakNya. Jalani dengan ikhlas. Semua ada hikmahnya. Ujian itu ada untuk memperbaiki kualitas diri agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

22 March 2017

Hey !!

Hmm...
Hmmm....
Hmmmmm....

Lama banget ga nulis, padahal biasanya tiap mo taun baru udah jentrengin resolusi taun berikutnya. Oiya, akhir taun 2016 sibuk ngurusin ujian anak2. Januari sibuk ngajar karna kejar target ngabisin teori sebelum cuti. Pas cuti? Duuuhh boro2 deh, mo jalan2 aja ga jadi akibat bedrest. Bolak balik RS. Semuanya disyukuri dan dijalani dengan ikhlas, biar berkah. Ceileee... secara semua berkah dan ujian udah diatur sama Yang Maha Pencipta. 

Mengenai target utama taun ini masih sama kaya taun2 sebelumnya, paling ada beberapa tambahan. Berhubung masih musim hujan jadi pelaksanaannya di pending dl. Semoga bisa segera terealisasi. Target turun berat badan juga perlu digalakkan. Hahaha... umur boleh tua tp tampang dan jiwa raga diusahakan tetap muda. :)

09 November 2016

Pengalaman Pertama ke Dokter THT

Sabtu, 5 November 2016 kepala terasa sakiiit cekot-cekot. Ini emang bukan pertama kalinya dan biasanya bisa berhari-hari. Ya, bener aja meski udah diminumin obat sakit kepala dari dokter Ony tapi sakitnya belum ilang. Saking sakitnya sampe nangis meringis nahan cekot-cekot yang luar biasa. Badan panas, ga kuat berdiri, dan hidung mampet. Teringat pesan dokter Ony, kalau hidung mampet suruh diuapin pake air anget. Malam itu, hasilnya tetap nihil. Pas ngaca, kok di dalam hidung ada bulatan merah yang menutupi saluran udara, apa itu yang namanya polip? Browsinglah, ehh nemu blog orang yang cerita kalo dia dulu kena polip tapi sekarang udah sembuh total karena pake beberapa obat. Berbekal dari info itu, beli deh obat yang sesuai dengan blog tadi. Sampe rumah langsung di coba ditetes ke hidung, rasanya bikin hidung panas dan berasa sampe tenggorokan. Akhirnya dipake buat tiduran, ga kerasa ketiduran sampe pagi. Minggu pagi masih sakit, mau libur ngajar tapi ga bisa karena udah janjian sama murid-murid mau tryout. Terpaksa nahan sakit lagi. Hiks... Minggu sore kepala masih sakit dan cekot-cekot, diputuskan pergi ke klinik dokter THT, tapi sayang hari Minggu ga buka praktek. Terpaksa ditahan lagi sampe Senin. Ya, Senin malam balik lagi ke klinik. Dokternya baru mulai praktek jam 19.00. Nunggu antrian ga lama, trus dipanggil. Dokter cek hidung, dia langsung masukin alat dari logam, panjang mirip tusuk sate. Sereeemm... Alat dikeluarin dari hidung, dokter bilang alergi karena konka hidung membesar. Ada beberapa hal yang bikin alergi; bisa udara dingin, bisa bulu kucing, bisa dari makanan, bisa juga debu (debu pun terbagi menjadi beberapa bagian, ada debu karena partikel udara kotor, ada debu akibat tungau, ada debu dari pembakaran tumbuhan misalnya batang pagi, dan debu lainnya). Untuk membuktikan ada polip atau ngga, dokter kembali memasukkan alat yang tadi ke dalam hidung lagi, tapi kali ini disertakan kasa basah. Kebayang itu rasanya ga nyaman banget, mana itu kasa di tinggal di dalam hidung selama 10 menit. Sementara menunggu, napas harus lewat mulut dulu. Tik tok tik tok tik tok.... 10 menit terasa lama sampai akhirnya kapas dikeluarkan dan diletakkan di meja. Alhamdulillah, kapasnya bersih tidak ada lendir seperti ingus. Dokter bilang tidak ada polip. Ya Allah, Alhamdulillah.. trus kenapa bisa sakit kepala sampai cekot-cekot? Ya itu tadi, pembesaran konka bisa menyebabkan sakit kepala. Hiks...ternyata dari dulu sering sakit kepala gara-gara itu to, kirain karena bekas jatuh dari motor tahun 2011. Oiya, dokter juga bilang kalau tulang hidungku miring, jadi yang sebelah, bila konkanya membesar hidung akan benar-benar tertutup, sehingga hidung menjadi mampet. Hmm...ada-ada aja ya. Baiklah kedepannya harus lebih hati-hati, biar ga kambuh lagi pusingnya. Asliiii ga nyaman banget. Tuhan memang ga main di blog, tapi aku yakin Tuhan melihat ketika aku mengetik ini. hehehe... Ya Allah, sembuhkanlah hamba...jauhkanlah dari segala penyakit. Aamiin...aamiin...yaa rabbal'alamin.

VuL oF LuV