01 April 2014

Saksi Sidang Perceraian

Sore ini pala gue pusing sebelah alias migran!Sambil nunggu murid yang katanya mau les, tapi entah kenapa jam segini belum dateng jg kalo gitu mending disambi nulis blog.


Jam8 tadi pagi gue udah meluncur ke Pengadilan Agama. Jadi begini ceritanya: 
Beberapa hari yang lalu sepupu gue yang kebetulan rumahnya depan rumah gue, bilang kalo tanggal 1 April 2014 gue diminta jadi saksi perceraian dia ama istrinya di Pengadilan Agama sini (jarak dari rumah sekitar 3kiloan lah..). Setau gue sih mereka itu mau bercerai lantaran si istri kembali ke agamanya terdahulu, padahal kan menurut agama gue ga boleh kalo suami istri beda agama karena itu hukumnya sama dengan zina. Nah, udah gitu setau gue berdasarkan info dari saudara2 banyak yang bilang kalo si istri ini tabiatnya kurang baik, ditambah lagi dengan diam2 pindah agama jadi uwa gue (ortunya sepupu gue) merasa dibohongin, mereka kecewa. Menurut gue sih wajar banget kalo mereka kecewa, ya emang sih agama itu hak asasi, tapi kan juga jangan dipake maenan. Dari agama A pindah ke B trus pindah lagi ke A. Kan ga baik kaya gitu, sama aja melecehkan agama kalo menurut gue.

Tadi begitu nama gue dipanggil untuk masuk ke dalam ruang sidang, agak deg2an juga sih secara gue belum pernah dan jangan sampe deh berhubungan dengan sidang2 hukum, kalo sidang skripsi or tesis sih gpp. sampe di dalam ruang sidang gue di suruh sumpah, ngikutin perkataan yang diucapkan hakim. Abis itu mulai deh gue diintrogasi, ditanya alasan mereka bercerai karna apa, bukti-buktinya apa aja kalo si istri pindah agama dan apakah sering melihat mereka bertengkar. Huff...kayanya gue ga pantes deh jadi saksi, coz yang tau semua kejadian detailnya adalah si bibi, pembantu rumah tangga mereka. Gue ga tau deh kok bisa kejadiannya sesemrawut itu. Udah kaya benang kusut! Menurut gue ini mah udah salah dari awalnya, trus dibiarin, makanya jadi tambah kusut. Ternyata kata uwa, teteh dan temen dari sepupu gue bahwa si istri itu udah pindah ke agamanya sejak beberapa waktu setelah menikah, dia beralasan kalo untuk sementara pindah dulu ke agamanya karena bokapnya lagi sakit, kalo bokapnya udah meninggal...baru dia mau pindah agama lagi ikut suami. Hadeeehhh riweh yaa.. Udah kaya sinetron aja ini mah.

Ya terserahlah...itu urusan rumah tangga masing-masing, gue ga mau ikut campur terlalu dalam. Makanya gue tadi jawab pertanyaan hakim sesuai dengan sepengetahuan gue aja, ga ditambah ga dilebihin.

Hikmah yang dapat gue ambil dari peristiwa ini adalah:
1. Berpegang teguhlah pada agamamu karena itu pedomanmu. Jangan pernah mempermainkan agama! Gue yakin ga ada agama yang mau dan boleh dipermainkan.
2. Nilailah orang dari berbagai sisi dan sumber.
3. Godaan duniawi memang dahsyat, harus pertebal iman agar tidak tergelincir dalam hal yang semu.

1 comment:

Unknown said...

woh, dah kaya artis sinetron ajah.. ckckckck.. anak jaman sekarang..


VuL oF LuV