29 August 2017

Ganti Kampas Kopling

Kalau di kemudian hari aku punya usaha or bisnis apa aja, tolong ingatkan jika aku lupa atau ada salah.
Pengalaman pertama ganti kampas kopling. Pertama kali ke bengkel, dikasih info bahwa harga spare part sekitar 1,3 juta dan biaya pemasangan 400 ribu. Karna tidak bisa ditawar, oke akhirnya setuju dengan harga segitu. DEAL!!!
Beberapa hari kemudian, ditelpon hampir jam sepuluh malam, diminta untuk transfer uang yang katanya untuk beli spare part, karna teman bengkel yang dititipi tidak ada uang. Berhubung aku ga kenal dengan orang yang dititipi beli itu, wajar donk kalau aku cari tau dulu orang tersebut. Setelah dapat info bahwa bisa dipercaya, langsung lah aku transfer malam itu juga. Beberapa hari tidak ada kabar dari pihak bengkel, wajar juga donk kalau aku nanya "udah sampai belum spare partnya?"
Lha kok pihak bengkel rada baper jawabnya. Padahal kan wajar konsumen nanya, apalagi udah transfer duit yang ga sedikit.
Beberapa hari kemudian dikabari kalau spare part sudah sampai dan akan dikerjakan, akhirnya mobil kuantar ke bengkel. 3 hari kemudian dikabari lagi kalau sudah selesai. Dia bilang ada tambahan biaya ongkos kirim dan biaya uang lelah temannya yang mencarikan spare part. Wow..

Dari kejadian ini ada pelajaran untuk aku sendiri bila punya usaha, terutama usaha jasa.
  1. Sebelum mulai pengerjaan, pastikan konsumen tau apa yang akan dikerjaan, apa yg dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan plus biaya-biayanya.
  2. Jangan bebani pikiran konsumen. Onderdil titipan ini mau dikirim lewat pos/tiki/jnt/jne. Nah, ngapain kek gini ditanyain ke konsumen. Konsumen kan bayar, ya taunya barang ada dan beres.
  3. Tak perlu buka rahasia "dapur". Ini onderdil nitip teman. Teman sibuk. Bla bla bla.. Halooo.. Secapek apapun anda, mau dirumah lagi perang dunia, mau lo abis diputusin, mau lo lagi BT. Plisss tetap berikan senyuman pada konsumen. Jawab semua pertanyaan dengan sopan dan ikhlas karna konsumen adalah raja. Selama konsumen tidak melanggar norma, hanya sebatas ucapan  ya jawab aja ga usah baper.
  4. Ramah, sopan, dan menghargai konsumen. Bila ketiga poin ini bisa dijalankan, bisa dipastikan konsumen tidak pindah ke tempat lain.
Halo om bengkel, kalau anda baca ini jangan baper ya..kan tadi aku udah bilang langsung pas dibengkel. Ini sih saran aja buat kedepannya biar pelayanan dibengkel anda lebih baik lagi. Pelayanan bukan hanya pengerjaan lho yaa, tapi juga termasuk layanan komunikasi ketika menjawab semua pertanyaan atau keluhan pelanggan. Karena semua manusia pastikan senang kalau diramahin. Malah terkadang ada orang yang rela bayar lebih mahal untuk dapat layanan yang sama hanya karena pelayanan ditempat tersebut ramah dan enak diajak komunikasi.

No comments:


VuL oF LuV