29 August 2017

Kanker

Kanker!
Hmm.. Penyakit yang sangat menakutkan. 
Tanggal 26 Juli 2017. Siang itu pas lagi nyiapin makan siang, tiba² dapat telpon yang mengabarkan bahwa "hasil lab massa yang diambil saat operasi adalah karsinoma musinosum mammae". Alias kanker ganas. Syookk!!!
Astaghfirullah.. Selain karna kaget denger nama penyakitnya, juga karna ga percaya. Masa sih bisa kena itu? Padahal kan udah STTB. Kenapa? Kenapa? Kenapa? 
Begitu banyak pertanyaan dan pikiran pun langsung menjalar kemana-mana. Segera googling segala macam makanan pantangan. Mulai besoknya langsung makan beberapa makanan penghambat sel kanker. Ngrebus daun sirsak, minum jus wortel tomat, dan minum ace max. Pokoknya selama menunggu hari H kontrol ke dokter, semua itu dimakan, bahkan sampai nyoba jus daun kelor yang rasanya ampuuunn deh, mending minum jamu pait tp ga bikin kliyengan.

Tanggal 7 Agustus 2017 hari yang ditunggu untuk pemeriksaan lanjutan. CT Scan or screening or apalah itu plus pemeriksaan darah CA 15-3 (klo ga salah). Alhamdulillah hasilnya bagus semua. 

Amazing!!!

Buat siapa aja yang di diagnosa sesuatu oleh dokter, sebaiknya jangan panik. Tetap tenang, biar kondisi tubuh ga drop. Segera jauhi segala pantangan, konsumsi makanan yang dianjurkan, dan yang paling penting banget adalah banyakin ibadah. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, yang wajib, yang sunah, zikir, tadarus, doa, sedekah, dan amalan baik apapun yang bisa dikerjakan. Yakinkan diri bahwa "Kamu bisa lewati ini dengan baik. Sehat. Sehat. Sehat."
Pokoknya harus tetap semangat. Hubungi teman² atau saudara terdekat untuk minta dukungan dan biar dibantu doa, semakin banyak yang doa minta sama Allah, semakin baik."

Catatan untuk diriku sendiri:
Percayalah bahwa semua yang terjadi adalah kehendakNya. Jalani dengan ikhlas. Semua ada hikmahnya. Ujian itu ada untuk memperbaiki kualitas diri agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.

No comments:


VuL oF LuV