14 December 2015

Perpanjangan SIM A

Hampir 2 bulan terakhir sibuk banget ngurusin privat, sampe badan pegel-pegel. Niatnya sih mau pijet tapi apa daya gagal mulu. Rasanya kalo udah di atas kasur sambil maen tab, udah mager banget. Hahaha... Apalagi kemaren pas harbolnas (hari belanja online nasional) itu 3 hari cuma ngubek lazada, buka lapak, matahari mall.com, tokopedia, dll. Walhasil menurut aku lebih murah di lazada, mungkin kebetulan aja kali yaa...karena barang-barang yang aku cari, pas yang murahnya ada disitu. 

Libur UAS kali ini juga aku manfaatkan untuk perpanjang SIM A. Berhubung aku pindah kewarganegaraan (pindah KTP), otomatis perpanjang SIM harus cabut berkas dulu dari daerah sebelumnya. Untungnya punya temen SMA yang jadi polisi, jadi bisa minta tolong diurusin surat cabut berkasnya. Kamis, 10 Desember 2015 jam 10 WITA aku menuju ke Polres. Busyeeeeetttt itu Polres udah kaya pasar tumpah, rame banget! Pikirku mungkin hari ini urus surat dokter aja dulu, besok baru minta blanko perpanjangan. Ehh....di tempat cek kesehatan juga antrinyaaaaaaaa mengerikan. Terpaksa pulang dengan lemas karena hari itu lumayan panasss. Jumat, 11 Desember 2015 jam 7.30 WITA aku udah on the way menuju Polres tanpa sempet sarapan. Ruang cek kesehatan belum buka, meski yang antri udah bejibun. Tepat jam 08.00 ruang cek kesehatan dibuka langsung diserbu, aku dapat antrian no. 3. Selesai dapat surat sehat, aku langsung menuju loket pengambilan blanko yang harus diisi tapi sia-sia cek kesehatan di awal karena meski di papan tertulis buka jam 08.00 kenyataannya buka jam 10.30. Kebetulan itu hari Jumat, jadi jam 11.45 petugas mengumumkan istirahat sholat Jumat. Banyak sekali pengantri yang akhirnya pulang karena mereka pikir kantor akan buka lagi jam 13.00. Aku tetap setia menunggu disana dengan 3 orang ibu-ibu. Tiba-tiba ketika sudah sepi, seseorang keluar dari ruangan "Ayo, siapa yang belum foto?" Tanpa pikir panjang aku langsung masuk ke ruang foto, begitu juga ibu-ibu yang lain. Tidak sampai 1 menit selesai dan kami diminta mengambil SIM hari Senin. Mengapa kali ini banyak sekali yang membuat SIM????? Katanya karena ada pemutihan dan penurunan biaya pembuatan. Hmmm...pantes aja kemaren yang ngantri kebanyakan pada pake seragam SMA. Oiya, kali ini aku hanya membayar Rp80.000,00 aja untuk perpanjangan.

Langkah perpanjangan SIM (ini menurut pengalaman aku kemaren, entah di daerah lain sama atau tidak):
1. Photocopy SIM lama 1x
2. Photocopy KTP terbaru 1x
3. Bawa SIM lama asli
4. Cek kesehatan di tempat yang sudah ditunjuk Polres setempat
5. Bawa hasil cek kesehatan ke loket pengurusan SIM di Polres
6. Isi blanko yang diberikan sesuai dengan data sebenarnya
7. Serahkan blanko yang sudah diisi ke petugas loket tadi
8. Tunggu panggilan untuk foto
9. Foto
10. SIM baru sudah jadi, tinggal bayar biayanya. Selesai.

VuL oF LuV