07 October 2016

Nyeri Punggung Kanan dan Tulang Rusuk Kanan

2 bulan lalu saat liburan ke rumah mama, ga tau kenapa bangun tidur punggung rasanya sakit sekali. Selama beberapa hari begitu terus, sampai sering terbangun karna ga bisa tidur. Tanggal 4 Oktober 2016 sebelum mengajar kelas 4, aku nonton TV dan ga sengaja ketiduran, tiba2 terdengar suara ketukan pintu. Rupanya murid sudah datang. Aku langsung loncat dari kasur dan membukakan pintu. 

Beberapa menit setelah mulai mengajar, aku merasa punggung kanan dan tilang rusuk kanan nyeri. Aku coba untuk menolehkan badan ke kanan dan ke kiri, rasanya malah bertambah sakiiiit..

Malam harinya ketika tidur, aku coba miring ke kiri dengan maksud agar punggung kanan dan rusuk kanan tidak tertindih, tapi.... sekitar jam4 aku terbangun dan rasanya nyeriiiii amat sangat sampai sulit bangun padahal sudah kebelet pipis. Akhirnya aku tidak tidur lagi, karena posisi apapun terasa nyeri. Siang hari rasa sakitnya mulai berkurang, sehingga aku bisa beraktivitas. Sehabis maghrib, aku pergi ke tukang urut urat, dugaanku mungkin ada urat yang ketarik atau terjepit. Setelah diurut rasa nyeri lumayan berkurang dan aku bisa menolehkan badan ke kanan dan ke kiri. Aku pun tidur masih dengan posisi miring ke kiri. Tiba2 jam setengah 3 aku terbangun karena badanku tak dapat bergerak. Aku coba mengangkat tangan atau kaki pun tak kuat karena nyeri punggung kanan dan rusuk kiri yang teramat sangat. Aku menangis. Sakitnya sungguh luar biasa. Untuk sementara aku terdiam dan meminta bantuan ditarik untuk bangun. 

Dugaan kedua kemungkinan sakit ini karena tidur di kasur busa. Akhirnya aku memutuskan tidur di lantai beralaskan karpet tipis. Lumayan berkurang dan aku bisa tidur lagi sampai subuh. Sehabis sholat subuh, aku kompres punggung kanan dengan handuk hangat. Aku usap juga dengan air garam. Dan ku olesi obat feldco yang fungsinya mirip conterpain. Siangnya nyeri berkurang, bahkan sore hari aku merasa sudah baik2 saja. Hanya nyeri 1 titik saja, kemungkinan "njarem" bekas dipijat tukang urut. Malam harinya (tadi malam) aku tidur terlentang karena sudah tidak merasa nyeri di punggung. Namun ternyata aku terbangun jam 1 dan merasakan nyeri hebat lagi yang akhirnya aku putuskan pindah tidur di lantai.

Ooohh... kenapa ini? Kenapa aneh sekali? Pagi ini, saat aku mengetik ini tidak terasa apa2, tidak sakit juga tulang punggung kanan dan rusuk kanan. Sehat. Aku bisa berguling ke kanan dan kiri. 

Semoga saja nyeri punggung dan tulang rusuk kanannya benar2 sudah pergi, jangan kembali lagi, karena sangat mengganggu ketika istirahat malam. Yang seharusnya bangun pagi segar bugar, jadi rada pusing, bad mood, dan meringis menahan nyeri.

No comments:


VuL oF LuV